Bingung Memilih Sepeda untuk Anak? Perhatikan 6 Hal Ini Yuk!

Sepeda memang jadi aktivitas yang menyenangkan dan punya banyak manfaat untuk anak. Tidak hanya sekedar untuk bermain dan berolahraga, bersepeda pun juga bisa membantu anak melatih konsentrasi dan kemampuan motoriknya loh. Itu sebabnya banyak orang tua tertarik untuk mengenalkan sepeda pada anaknya sejak kecil. Namun, sebelum itu kamu juga harus tahu bahwa memilih sepeda anak nggak  bisa sembarangan ya. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelumnya:

Pilih Jenis Sepeda Sesuai Umur

Anak juga butuh tahapan untuk mengendarai sepeda. Itu sebabnya kamu perlu memberikan jenis sepeda yang sesuai dengan usianya. Biasanya jika anak masih ada di rentang usia 2-5 tahun kamu bisa pilih jenis push bike, sepeda roda tiga atau sepeda roda empat. Push bike cocok untuk melatih anak dasar-dasar menjaga keseimbangan saat bersepeda. Sementara untuk jenis sepeda roda tiga atau roda empat cocok untuk melatih kekuatan kaki anak mengayuh pedal.

Nah, pada rentang usia 6-9 tahun anak biasanya sudah mulai mampu untuk menggunakan jenis sepeda roda dua. Disarankan kamu tetap memilih sepeda yang masih memiliki satu kecepatan dulu ya. Jika anak sudah berusia 9 tahun ke atas baru kamu bisa beli jenis sepeda roda dua multi gear seperti jenis BMX, hybrid-style atau mountain bikes.

Pahami Ukuran Roda Sepeda yang Tepat Untuk Tinggi Anak

Tidak hanya jenis, kamu juga perlu mempertimbangkan usia dan tinggi anak dengan ukuran sepeda yang dibeli agar si kecil tetap nyaman mengendarainya. Ukuran sepeda anak yang tepat bisa kamu lihat dari ukuran rodanya. Berikut panduannya untuk kamu:

  • Usia 2-4 tahun dengan tinggi 85-100 cm, pilih ukuran roda sepeda 12-14 inci.
  • Usia 4-6 tahun dengan tinggi 100-120 cm, pilih ukuran roda sepeda 16-18 inci.
  • Usia 7-9 tahun dengan tinggi 115-135 cm, pilih ukuran roda sepeda 20 inci.
  • Usia 9-11 tahun dengan tinggi 130-145 cm, pilih ukuran roda 24 inci.
  • Usia 11 tahun ke atas dengan tinggi lebih dari 145 cm, pilih ukuran roda 26 inci.

Jangan Lupa Ukur Bagian Inseam

Mengukur bagian inseam juga tidak boleh dilewatkan ya. Inseam adalah panjang dari pangkal paha sampai pergelangan kaki anak. Langkah ini penting agar kamu bisa memilih sepeda yang memberi ruang bagi kaki anak dengan nyaman dan tinggi tempat duduk yang pas. Biasanya toko dan merk sepeda sudah menyediakan tabel geometri untuk menentukan apakah sepeda yang dibeli sesuai dengan tinggi badan dan panjang inseam anak.

Pilih Material yang Ringan

Material sepeda yang kamu pilih akan memengaruhi bobot sepeda itu sendiri. Sebaiknya jangan pilih yang terlalu berat agar si kecil tidak kesulitan saat harus mengayuh atau bermanuver ya. Material rangka sepeda dari aluminium bisa jadi pilihan yang tepat. Selain ringan, aluminium juga cukup awet dan tahan karat.

Cari yang Dilengkapi Pelindung Rantai

Jika kamu masih khawatir dan merasa was-was karena si kecil belum terlalu mahir bersepeda, kamu juga bisa loh mencari sepeda yang sudah dilengkapi pelindung rantai. Cara ini akan mengurangi resiko celana atau kaki anak tersangkut saat sedang mengayuh.

Pilih Merk yang Sudah Dikenal Kualitasnya

Walaupun banyak pilihan sepeda anak yang bisa kamu temukan di pasaran, sebaiknya pilihlah yang paling terbaik kualitasnya. Kamu bisa cari dari merk-merk sepeda terbaik yang sudah populer, seperti Wimcycle, Pushbike Thrill, Polygon, atau United. Jika masih bingung kamu bisa cari review sepeda yang ada di internet sebagai perbandingan.

Nah, jika semua langkah ini sudah kamu ikuti, maka kamu bisa memilih sepeda yang benar-benar cocok untuk anak tersayang. Si kecil pun bisa makin senang karena bisa bersepeda dengan lebih nyaman.

Lifestyle