Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Cepat dan Aman

kredit mobil bekas di bandung

Di masa pandemi seperti sekarang, bepergian menggunakan kendaraan pribadi memang lebih aman. Sebab dapat mengurangi risiko Anda terpapar dari orang tidak dikenal di sekitar Anda. Apalagi untuk Anda yang tinggal di kota besar dan padat seperti Bandung, di mana menjaga jarak saat berada di transportasi umum sangat sulit dilakukan. Inilah salah satu alasan semakin banyak orang mengajukan kredit mobil bekas di Bandung agar bisa pergi ke mana saja dengan nyaman dan aman menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk Anda yang berencana mengajukannya juga, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini dulu agar pengajuan kredit aman dan lancar:

  • Melakukan Survei Mobil Bekas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli adalah survei harga mobil. Tahapan ini bertujuan untuk mencocokkan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Menurut Otomotif Bisnis.com, Anda perlu menghindari membeli mobil yang harganya terlalu mahal, apalagi sampai melewati batas keuangan bulanan Anda. Mencicil atau kredit memang tidak membuat Anda perlu mengeluarkan uang banyak sekaligus, akan tetapi penting diingat bahwa Anda tentu punya kebutuhan hidup lain seperti makan, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Jangan sampai, Anda berakhir dengan kondisi cicilan macet, yang tentu akan menyulitkan Anda untuk ajukan kredit lagi.

  • Memilih Perusahaan Pembiayaan yang Terpercaya

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah memilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya. Sebab, saat ini ada banyak sekali lembaga keuangan, seperti perusahaan pembiayaan, yang menawarkan pembiayaan untuk membeli kendaraan pribadi. Untuk itu, memilih perusahaan pembiayaan yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah sebuah keharusan. Dengan begitu, dana yang diberikan pada Anda pasti terjamin sumber dan alurnya, serta proses pembayarannya pun jauh lebih pasti dan mudah.

  • Menentukan Asuransi

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum ajukan kredit mobil bekas adalah menentukan asuransi kendaraan yang akan digunakan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih asuransi yang jangka waktunya sama dengan cicilan kendaraan. Dengan begitu, besaran cicilan bulanan Anda bisa sedikit lebih murah, mengingat kelengkapan asuransi dapat mengurangi biaya bunganya kredit.

Adapun jenis asuransi kendaraan yang biasa ditawarkan adalah yaitu all risk dan total loss only (TLO). All risk punya nilai premi sedikit lebih mahal karena memungkinkan penggantian yang ditanggung secara keseluruhan. Sedangkan nilai premi TLO memang relatif murah, namun perlindungan ini hanya dapat memberikan penggantian sekitar 75 % dari risiko kerusakan. Ambillah jenis asuransi yang paling yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda.

Demikian tips mengenai cara mengajukan kredit mobil bekas yang cepat dan aman. Semoga informasi di atas berguna buat Anda yang sedang berencana membeli mobil second, ya.

Teknologi