Simak Fungsi dan Cara Kerja Layanan ISP

Fungsi dan Cara Kerja Layanan ISP

Berkembang pesatnya dunia teknologi di zaman sekarang ini, ternyata memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Hal ini seperti adanya internet yang mana dapat membantu seseorang untuk bisa mengakses segala informasi yang dibutuhkan. Berbicara mengenai akses internet, Anda perlu menggunakan yang namanya layanan Internet Service Provider (ISP).

Meski demikian, tahukah Anda apa saja fungsi dari layanan ini dan bagaimana cara kerjanya?

Apa saja fungsi / kegunaan layanan ISP?

Jika melihat sedikit mengenai pengertiannya, ISP sendiri umumnya merupakan suatu produsen yang memberikan layanan kepada konsumen agar nantinya lebih mudah dalam mengakses situs internet dan berbagai media online lainnya. Adapun provider internet ini umumnya tidak bisa didapatkan secara gratis lantaran merupakan layanan berbayar.

Hal ini dikarenakan, jaringan yang ditawarkan pada ISP ini terbilang luas yakni bisa untuk penggunaan dalam ruang lingkup lokal hingga internasional. 

Sementara itu, untuk fungsi / kegunaan yang diberikan dari layanan ISP ini tidak main – main bagi pengguna, terutama dalam hal memberikan kemudahan untuk bisa mengakses jaringan internet. Adapun beberapa fungsi / kegunaan provider internet ini antara lain sebagai berikut :

  • Menghubungkan pengguna layanan provider ISP ke gateway internet dari jarak yang paling dekat.
  • Internet Service Provider sebagai media penyedia layanan jasa koneksi jaringan internet bagi seluruh masyarakat.
  • Dapat menjadi media penghubung antara pengguna internet dengan berbagai layanan informasi yang terdapat pada World Wide Web (WWW).
  • Sebagai penyedia perangkat modem yang diperlukan untuk melakukan proses dial-up koneksi internet.
  • Dapat memudahkan pengguna internet untuk bisa mengirim surat elektronik atau dikenal dengan istilah email kepada pengguna lain yang berbeda lokasi.
  • Memudahkan pengguna internet untuk bisa melakukan komunikasi suara yang memanfaatkan jaringan internet.
  • Mampu dijadikan sebagai lokasi homepage bagi para pengguna internet.
  • Memudahkan pengguna untuk bisa mengunduh (download) dan mengunggah (upload) di internet.
  • Memberikan perlindungan dari adanya penyebaran virus dengan cara menerapkan sistem antivirus di dalamnya. 

Bagaimana cara kerja layanan ISP?

Tidak hanya mengetahui soal fungsi / kegunaannya saja, Anda juga perlu untuk tahu mengenai bagaimana cara kerja dari provider internet yang satu ini. Secara umum, cara kerja dari ISP ini sendiri yakni dengan menghubungkan antara jaringan yang satu ke jaringan yang lain menggunakan teknologi yang sederhana.

Nantinya, ketika pihak pengguna layanan telah selesai melakukan permintaan akses internet ISP, maka provider internet ini nanti akan me-routing jaringan ke perangkat yang dimiliki pengguna seperti halnya acces point, modem hingga perangkat handphone.

Setelah itu, pengguna layanan ISP ini nanti akan lebih mudah dalam menggunakan dan menikmati akses internet pada perangkat yang mereka gunakan. Tidak hanya itu saja, pengguna provider internet ini bahkan juga bisa memilih tipe jaringan mana yang akan digunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya sendiri. 

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai fungsi / kegunaan dan cara kerja dari layanan Internet Service Provider yang dapat memudahkan seseorang untuk mengakses internet di perangkat yang diinginkan.

admin
color-drop.com adalah ragam informasi penuh warna yang memuat berbagai info, trik dan cara dalam melerai permasalahan yang kerap dihadapi masyarakat.